Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Sopan Santun Ketika Berada di hajar Aswad

Hajar Aswad merupakan batu yang berada tepat di sisi selatan Ka'bah dengan ketinggian 1,10 meter dari tanah (lantai) Tawaf. Panjangnya sekitar 25 cm dan lebarnya 25 cm. Ia tertanam dalam tembok Ka'bah

Pada awalnya Hajar Aswad itu satu keping. Namun karena banyaknya peristiwa yang terjadi pada masa Qaramithah (kelompok Syi'ah Ismailiyyah Bathiniyyah, pengikut Abu Thahir Al Qaramithi. Mereka adalah orang yang mengangkat Hajar Aswad dan membawanya ke Ihsa' pada tahun 319 H kemudian dikembalikannya pada tahun 339 H) dan peristiwa lain, maka bagian atas yang tampak dari hajar Aswad itu pecah.

Gambar Hajar Aswad

Karena itu, Hajar Aswad nampak menjadi delapan kepingan dengan ukuran yang berbeda - beda. Yang paling besar ukurannya adalah sebesar kurma.

Hajar Aswad ini tertanam pada batu yang lebih besar yang dibingkai dengan perak. Hajar Aswad yang delapan keping inilah yang dimaksud untuk dicium dan dipegang.

Sopan Santun Ketika Mencium Hajar Aswad

  1. Hindari perbuatan mendorong atau menyakiti sesama muslim, karena memaksakan diri mencium Hajar Aswad
  2. Hendaknya kaum wanita tidak bercampur di tengah - tengah kaum laki - laki untuk mencium Hajar Aswad
  3. Janganlah mengeraskan suara saat mencium Hajar Aswad atau mengangkat tangan setelah memberi isyarat padanya.
  4. Tiak berdo'a sambil berdiri atau melakukan shalat pada garis yang sejajar dengan Hajar Aswad, karena hal tersebut bisa mengganggu atau menghambat laju perjalanan orang - orang yang tawaf.

Demikianlah info kali ini mengenai Pengertian dan sopan santun ketika berada di Hajar Aswad, semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Sopan Santun Ketika Berada di hajar Aswad"