Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Agen Haji dan Umrah Terpercaya

Pergi haji merupakan ibadah wajib bagi seorang muslim yang mampu karena merupakan rukun Islam yang terakhir. Sedangkan umroh dianjurkan, yang artinya dapat dikerjakan walaupun sudah berhaji. Namun, agar lebih tenang dalam menjalankannya serta terhindar dari penipuan seperti penawaran paket murah umrah / naik haji khusus / plus, ada beberapa pengertian yang dapat dipahami sebelum mendaftar di tahun ini. Tentunya agar tidak terjadi kerugian terhadap biaya Anda.
  1. Calon jemaah dapat memilih agen resmi travel perjalanan haji/umroh yang sudah terdaftar atau telah mendapat izin sebagai penyelenggara dari Departemen Agama (Depag). Di Indonesia, perizinan berlaku selama 3 tahun sehingga harus men-daftar atau memperpanjang kembali. Izin penyelenggaraan haji/umroh tidak berlaku apabila perizinan agen travel dari Kementerian Pariwisata telah dicabut karena suatu pelanggaran atau melanggar ketentuan dari Kemenparekraf.
  2. Perlu diketahui bahwa daerah operasi para agen travel penyelenggara umrah dan haji sebenarnya sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Pembinaan Haji dan Umrah (Dirjen PHU). Menurut keterangan dari kantor Depag, contohnya, untuk wilayah operasi DKI Jakarta dilarang merekrut calon jamaah haji/umroh dari provinsi Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), DI Yogyakarta, Jawa Timur (Jatim), dll karena memang tidak boleh membuka cabang. Buka cabang di luar daerah operasi harus mengurus izin baru. Hal ini menjadi perhatian agar terhindar dari unsur penipuan misalnya jamaah terlantar saat/waktu pemberangkatan atau dengan lain kata terjadi penelantaran oleh agen terutama travel yang tidak mempunyai/memiliki izin sebagai penyelenggara umrah/haji.
  3. Tentang panduan, persiapan, perlengkapan / syarat, manasik, dan penetapan biaya haji khusus dan/ regular, calon jamaah perlu membaca dan mempedomani Undang-Undang/UU No.13 tahun 2008 serta Peraturan Presiden (PP), Peraturan Presiden (Perpres), Keputusan Presiden (Keppres), Keputusan Kementerian Agama (KMA), Peraturan Menteri Agama (PMA), dan Keputusan Dirjen Haji  yang terkait. Info ini bisa didapatkan di website resmi  Depag www.kemenag.go.id atau situs web Direktorat Jenderal Penyelengaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU, Kemenag) http://haji.kemenag.go.id.


Tips Memilih Agen Haji dan Umrah Terpercaya

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih travel umroh haji adalah mengenai kelengkapan administrasi dari travel tersebut. travel umroh dan haji yang resmi harusnya memiliki surat-surat yang lengkap dari departemen agama. Apabila anda memilih travel tanpa memperhatikan kelengkapan administrasi maka anda sangat rawan untuk tertipu. Pasti anda sudah mengerti bahwa sekarang ini banyak penipuan yang menawarkan paket umroh dan haji.

Hal kedua yang harus anda perhatikan adalah mengenai pilihan paket yang ditawarkan oleh travel umroh haji tersebut. biasanya travel umroh haji yang menawarkan harga yang murah dan cepat berangkat ke tanah suci adalah agen yang harus anda waspadai. Sekarang ini banyak agen yang berusaha menjaring member dengan cara yang tidak fair yaitu dengan cara menawarkan paket haji kilat dan cepat berangkat, padahal anda mengerti bahwa untuk berangkat haji memerlukan antrian yang panjang dan bahkan membutuhkan waktu beberapa tahun untuk bisa berangkat haji. Dengan demikian apabila ada travel umroh haji yang mencurigakan maka anda jangan sampai untuk mengunakan travel umroh dan haji tersebut.

Selanjutnya adalah mengenai fasilitas yang diberikan oleh travel umroh haji tersebut. anda untuk berangkat ke tanah suci membutuhkan biaya yang cukup mahal maka dari itu anda harus benar-benar memperhatikan fasilitas yang diberikan travel tersebut. pastikan anda mendapatkan fasilitas yang terbaik dari travel yang anda pilih karena ibadah haji dan umroh membutuhkan waktu yang cukup lama maka dari itu anda juga harus mendapatkan pelayanan yang maksimal. Apabila anda memilih travel yang memiliki fasilitas yang kurang maka ibadah anda juga tidak bisa maksimal.

Anda juga harus meminta kepastian untuk berangkat menuju tanah suci dari travel umroh haji tersebut. biasanya travel akan memberikan janji kapan anda bisa berangkat ke tanah suci maka dari itu anda bisa membuat sebuah perjanjian dengan travel tersebut yang bertujuan untuk menjaga hak-hak anda yang telah dijanjikan oleh travel. Perjanjian tersebut sangat berfungsi apabila di suatu saat timbul masalah dengan travel umroh haji tersebut. dengan perjanjian tersebut anda bisa menuntut ganti rugi apabila anda merasa dirugikan oleh travel agen tersebut.

Jika anda ingin Umroh atau Haji, silakan pilih travel yang terpercaya. Silakan anda bergabung dengan travel haji dan umroh terpercaya seperti dibawah ini.

Umroh Bersama Rabbani Semesta Utama
 
Demikianlah postingan kali ini mengenai "Tips Memilih Agen Haji dan Umrah Terpercaya". Semoga bermanfaat buat kalian semua.

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Agen Haji dan Umrah Terpercaya"